Skip site news

Site news

Picture of admin elearning
Artikel Penelitian oleh Triastuti Evawani SMA 1 Kudus
by admin elearning - Sunday, 1 June 2014, 06:11 AM
 

Model Pembelajaran INTERKOMPEKASA Berbasis LKS Divergen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif Materi  Sistem Saraf

Pada Siswa SMA 1 Kudus.

   Triastuti Evawani

  SMA 1 Kudus

     honey.bella@ymail.com

 Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kreatif materi sistem saraf di SMA 1 Kudus, melalui model pembelajaran INTERKOMPEKASA Berbasis LKS divergen. Penelitian dilaksanakan 2 siklus pada bulan Februari-April 2013.  Data diambil melalui tes, observasi, wawancara dan angket. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya kemampuan berpikir kritis kreatif minimal baik, rerata nilai praktikum Biologi sebesar 85 dan ulangan harian  78 dengan ketuntasan klaksikal  > 85. Hasil penelitian membuktikan bahwa  model pembelajaran INTERKOMPEKASA Berbasis LKS divergen dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis kreatif, sehingga hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan berpikir kritis kreatif sebelum tindakan memperoleh cukup, siklus I baik (79,9) dan siklus II baik (83) , rerata nilai praktikum sebelum tindakan 79  dan nilai ulangan harian 76. Sedangkan rerata nilai praktikum 85 untuk siklus I dan siklus II 88, rerata nilai ulangan harian 78 pada siklus I, 85 siklus II. Ketuntasan klaksikal  ulangan harian 77% sebelum tindakan, 80,6% siklus I  dan 87% siklus II. Ketuntasan klaksikal praktikum sebelum tindakan 80%,siklus I 83,4% dan siklus II 87%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran INTERMOMPEKASA,  LKS Divergen, dan

                  Kemampuan Berpikir Kritis  Kreatif.

  

 Abstrac

Classroom Action Research to improve critical thinking skills of creative material of the nervous system in SMA 1 Kudus, through the based learning model INTERKOMPEKASA divergent . The experiment was conducted in two cycles from February to April 2013. Data through tests , observations , interviews and questionnaires . Indicators of success is increasing creative critical thinking skills minimally good , a mean value of 85 a Biology lab and daily tests 78 with thoroughness klaksikal  > 85 . Research proves that learning model based LKS INTERKOMPEKASA ie divergent can improve students' ability to think critically creatively , so that learning outcomes have increased . This is demonstrated by the ability of critical thinking creatively before the act of obtaining sufficient , either the first cycle ( 79.9 ) and second cycle well ( 83 ) , the mean value of practice before the action replay value daily 79 and 76 . While the average value of lab 85 for the first cycle and 88 second cycle , the mean value of 78 daily tests on siklusI 85 second cycle . Completeness klaksikal daily tests 77 % before treatment , 80.6 % and 87 % first cycle second cycle . Klaksikal completeness lab before action 80 % , 83.4 % first cycle, second cycle and 87 % .

Keywords: Models of Learning INTERMOMPEKASA, LKS Divergent, and Capabilities  Creative Critical Thinking

 
Picture of admin elearning
Alhamdulillah 141 siswa SMA 1 Lolos SNMPTN
by admin elearning - Friday, 30 May 2014, 03:16 AM
 
Picture of admin elearning
Ingin Sukses ?? :D
by admin elearning - Wednesday, 7 May 2014, 04:29 AM
 

kegagalan adalah kemenangan yang tertunda, jangan menyerah karena dengan menyerah berarti tidak ada kemenganan

Kegagalan adalah pengalaman pahit untuk menuju kesuksesan

Tidak ada satu kesuksesan yang tidak pernah mengalami kegagalan karena kegagalan adalah jembatan menuju sukses

Gagal lebih terhormat daripada menang tapi hasil dari kecurangan

 Kegagalan memang menyakitkan tetapi tidaklah dapat menghalangi untuk menuju sukses

Sukses tidaklah selalu dimiliki oleh orang pandai, tapi sukses akan lebih dimiliki oleh orang yang gigih

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari bahwa betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan pada saat mereka menyerah

 Kadang keberhasilan baru tiba setelah kesulitan dialami. Oleh karena itu jangan menyerah dalam menggapai keberhasilan walaupun kesulitan datang menghadang

Hari ini kita mendapat kegagalan tetapi ingatlah bahwa kita sedang ada dijalan menuju kesuksesan

 Kesuksesan selalu ada di depan mata karena itu janganlah menengok ke belakang

Jangan engkau mendayung perahumu terus menerus tetapi berhentilah sejenak untuk melihat arah

Sukses berawal dari pikiran, maka katakan kepada diri anda bahwa anda pasti sukses

Setiap orang pasti mempunyai kelemahan, tapi kelemahan tidak akan membendung kesuksesan seseorang

Kesuksesan sesuatu harus dimulai dengan melakukan sesuatu tanpa itu kesuksesan tidak akan pernah ada

Kesuksesan tidak akan pernah didapat jika mengeluh pada saat mengalami kegagalan, singsingkan lengan baju lalu mulailah untuk lebih sukses

Percayalah bahwa kamu lebih kuat dari yang telah kamu pikirkan, maka dari itu janganlah selalu bergantung kepada orang lain

Teruslah berdoa dan berbuat tanpa mengeluh maka percayalah bahwa sukses akan kamu dapatkan

 sumber :http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/11/kata-kata-motivasi-hidup-diri-belajar-sukses-bijak.html

 
Picture of admin elearning
Technopreneurship dalam Pembelajaran Mandiri TIK kelas XI di SMA 1 Kudus
by admin elearning - Wednesday, 21 August 2013, 04:15 AM
 

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi atau teknologi telematika telah diakui sebagai salah satu solusi utama untuk mengatasi berbagai masalah di dunia ini. Teknologi telematika dikenal sebagai konvergensi dari teknologi komunikasi (communication), pengolahan (computing) dan informasi (information) yang diseminasikan mempergunakan sarana multimedia.

Definisi Technopreneurship
Technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yakni ‘technology’ dan ‘enterpreneurship’. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada (Zimmerer & Scarborough, 2008).
 
Dalam wacana nasional, istilah technopreneurship mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan wirausaha. Jenis wirausaha dalam pengertian technopreneurship disini tidak hanya dibatasi pada wirausaha teknologi informasi, seperti vendor IT, web hosting, atau web design, tetapi segala jenis usaha, seperti meubel, restaurant, super market ataupun kerajinan tangan. Penggunaan teknologi informasi yang dimaksudkan disini adalah pemakaian internet untuk memasarkan produk mereka seperti dalam perdagangan online (e-Commerce), pemanfaatan software/program khusus untuk memotong biaya produksi dan kegiatan operasional lainnya.
sumber : www.hadissoft.com/2011/09/technopreneurship-itu-apa-sih.html
Pada Tahun Pelajaran 2013/2014 , Kelas XI IPA dan IPS mata pelajaran TIK , ada tugas projek mandiri secara berkelompok untuk membuat sebuah usaha yang menggunakan internet sebagai media nya. Tugas tersebut adalah membuat sebuah toko online. Siswa secara berkelompok belajar untuk menawarkan sebuah produk secara online. Media yang dipakai dapat berupa Facebook, Blogspot, web seperti Toko Bagus , Berniaga, dll. Selain itu para siswa juga dapat memanfaatkan Blackberry sebagai media bisnis. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa, dan berlatih untuk belajar marketting tanpa mengganggu aktivitas utama belajar mereka. Disamping itu para siswa juga diharapkan bisa mengurangi dampak negatif dari penggunakan teknologi. Dalam tugas ini siswa akan lebih aktif dalam menggunakan teknologi ke arah positif.
 
Picture of admin elearning
PEMBELAJARAN DENGAN MPI TIK
by admin elearning - Tuesday, 7 August 2012, 05:15 AM
 

Pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2012, kelas XI IPA 5 mengikuti pembelajaran TIK dengan media pembelajaran interaktif. Materi pada saat itu adalah penjelasan perangkat keras yang digunakan untuk internet. Berdasarkan pengalaman pengajar TIK pada tahun lalu, ada beberapa kesulitan yang ditemukan saat menyampaikan materi tsb, yang pertama adalah imajinasi peserta didik dalam menangkap fungsi dan cara kerja beberapa perangkat keras jaringan komputer. berdasarkan hal tersebut, pengajar mencoba membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang mensimulasikan cara kerja beberapa alat perangkat keras jaringan internet. dan media tersebut dijalankan pada hari Selasa tanggal 7 Agustus. Saat menerima penjelasan dari pengajar, peserta didik dengan cepat mampu memahami cara kerja alat-alat tersebut.Selain menggunakan MPI, pengajar juga menggunakan E Learning yang berbasiskan internet, dan google untuk menambah pengayaan materi. Berikut Foto saat pembelajaran.

 

Skip Main menuSkip Navigation

Navigation

Skip Course categoriesSkip Comments

Comments

Show comments
Skip Login

Sebuah media pembelajaran Online SMA 1 Kudus, yang bertujuan memudahkan peserta didik serta pengajar untuk melakukan pembelajaran yang mandiri, tidak terpancang tempat serta waktu KBM, selama terdapat media yang dibutuhkan, yaitu komputer dan Internet....

Skip Calendar

Calendar

Wednesday, 23 July

Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 Today Wednesday, 23 July 23 24 25 26
27 28 29 30 31   
Skip Online users

Online users

(last 5 minutes)
None
Skip Latest news

Latest news

  • 1 Jun, 06:11
    admin elearning
    Artikel Penelitian oleh Triastuti Evawani SMA 1 Kudus more...
  • 30 May, 03:16
    admin elearning
    Alhamdulillah 141 siswa SMA 1 Lolos SNMPTN more...
  • 7 May, 04:29
    admin elearning
    Ingin Sukses ?? :D more...
  • 21 Aug, 04:15
    admin elearning
    Technopreneurship dalam Pembelajaran Mandiri TIK kelas XI di SMA 1 Kudus more...
  • 7 Aug, 05:15
    admin elearning
    PEMBELAJARAN DENGAN MPI TIK more...
Skip Statistics

Statistics

Skip Pantau

Pantau

network connection